Ilmu Pendidikan Islam dan Ruang lingkup bahasannya


        Pengertian pendidikan yang kita pahami sekarang belum terdapat pada zaman Nabi. Namun usaha dan kegiatan yang dilakukan oleh Nabi dalam menyampaikan usaha dakwahnya memberi contoh dan melatih keterampilan berbuat kebajikan, memberi motivasi dan menciptakan lingkungan sosial yang mendukung pelaksanaan ide pembentukan pribadi muslim itu telah mencakup arti pendidikan dalam pengertian sekarang.    Hal ini seiring dengan apa yang dikatakan oleh Zakiah Daradjat dalam bukunya “Ilmu Pendidikan Islam”.     Apa yang beliau lakukan dalam mendidik manusia kita rumuskan sekarang dengan pendidikan Islam. Cirinya ialah perubahan tingkah laku sesuai dengan ajaran Islam. Adapun pendidikan dalam pemahaman Islam ialah pertumbuhan yang seimbang antara pertumbuhan jasad, akal, dan ruh (Muhammad Imarah, 1992 : 63).
Namun cukup dimengerti bahwa pendidikan Islam merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh seorang pendidik terhadap anak didiknya dengan tujuan membimbing ke arah yang lebih sempurna yang sesuai dengan agama Islam yakni dengan menggunakan sarana atau alat belajar dan berlangsung pada suatu tempat tertentu.

Adapun ruang lingkup bahasan ilmu pendidikan Islam yaitu :

  1. Perbuatan Mendidik : Yang dimaksud perbuatan mendidik ialah seluruh kegiatan, tindakan, dan sikap pendidik sewaktu menghadapi anak didiknya. Dalam perbuatan mendidik ini sering disebut dengan tahzib.
  2. Anak Didik : Anak didik merupakan unsur terpenting dalam pendidikan. Hal ini disebabkan karena semua upaya yang dilakukan adalah demi menggiring anak didik ke arah yang lebih sempurna.
  3. 3.      Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam yaitu landasan yang menjadi fundamen serta sumber dari segala kegiatan pendidikan Islam dalam hal ini dasar atau sumber pendidikan Islam yaitu ke arah mana anak didik itu akan dibawa.
  4. Pendidik : Pendidik yaitu sebagai subjek yang melaksanakan pendidikan Islam. Ini memiliki peranan yang sangat penting, berhasil atau tidaknya proses pendidikan banyak ditentukan oleh mereka.
  5. Materi Pendidikan Islam : Materi pendidikan Islam yaitu bahan atau pengalaman-pengalaman belajar yang disusun sedemikian rupa untuk disajikan kepada anak didik. Dalam pendidikan Islam materi pendidikan Islam sering disebut dengan Maddatut Tarbiyah.
  6. Metode Pendidikan Islam : Metode pendidikan Islam yaitu prosedur umum dalam penyampaian materi untuk mencapai tujuan pendidikan didasarkan atas asumsi tertentu tentang hakikat Islam. Metode tersebut mencakup cara pengelolaan, penyajian materi pendidikan agar materi tersebut dapat dengan mudah diterima oleh anak didik.
  7. Evaluasi Pendidikan Islam : Evaluasi pendidikan Islam adalah suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu aktivitas di dalam pendidikan Islam. Dimana hal ini merupakan cara-cara mengadakan evaluasi (penilaian) terhadap hasil belajar anak didik. Evaluasi ini diadakan dengan tujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar selama proses pembelajaran.
  8. Alat-alat Pendidikan : Alat-alat pendidikan yaitu semua alat yang digunakan selama melaksanakan pendidikan Islam agar tujuan pendidikan Islam tercapai. Oleh karena itu pendidikan Islam mengutamakan pengajaran ilmu dan pembentukan akhlak, maka alat untuk mencapai ilmu adalah alat-alat pendidikan ilmu sedangkan alat untuk membentuk akhlak adalah pergaulan.
  9. Lingkungan Pendidikan : Yang dimaksud dengan lingkungan pendidikan Islam di sini ialah keadaan-keadaan yang ikut berpengaruh dalam pelaksanaan serta hasil pendidikan Islam. Lingkungan pendidikan sangat besar pengaruhnya dalam membentuk kepribadian anak didik, olehnya itu hendaklah diupayakan agar lingkungan belajar senantiasa tercipta sehingga mendorong anak didik untuk lebih giat belajar.

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 3:42 pm
Kategori:

5 Komentar Menarik:

  1. mBak Admin kayaknya masih sibuk jelang UN ya..
    Moga ntar lulus ea mbak.. :)

    ReplyDelete
  2. Blog ini bermanfaat sekali , Thanks gan !!



    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete
  3. Thanks Ilmu Pendidikan Islamnya...........

    ReplyDelete
  4. berkunjung gan...

    terima kasih atas infonya pak,,membantu saya..:)
    http://ilmu-pendidikanislam.blogspot.com/
    http://healt-4yu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. mkasih gan ,,, postingan ilmu-pendidikan-islam-dan-ruang-lingkup , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    ReplyDelete

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.