Makalah tentang Layanan Internet

BAB I 
PENDAHULUAN 
A. Latar belakang
      Layanan Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks. 
        Dunia dewasa ini menjadi semakin terhubung (interconnected) satu dengan lainnya. Dengan kata lain kita dapat menggunakan telepon genggam untuk menghubungi teman yang berada dibelahan dunia lain. Kita dapat menonton siaran langsung pertandingan bola piala dunia yang berlangsung di benua lain. Atau bahkan kita dapat berinvestasi dalam ekonomi dunia karena pasar modal di Tokyo, London dan New York terhubung secara elektronis selama 24 jam sehari. 
         Keterhubungan inilah yang disebut Interconnected Network atau lebih populer dengan sebutan internet. Satu hal terbesar tentang internet adalah bahwa tak seorangpun yang benar-benar memilikinya. Internet adalah kumpulan global dari orang-orang dan jaringan komputer besar dan kecil, dimana semuanya tersambung oleh ribuan kilometer kabel dan line telepon yang semuanya dapat saling berkomunikasi. Beberapa fungsi internet antara lain: menemukan dan mengakses informasi, kursus/sekolah jarak jauh, saling bertukar informasi dengan rekan bisnis dan hobi, atau mendapatkan pekerjaan secara on-line dan lainnya. 

B. Rumusan Masalah 
  1. Apa pengertian internet ? 
  2. Apa Manfaat dari Internet? 
  3. Bagaimana Layanan yang ada di Internet ? 
  4. Apa Macam – Macam Layanan/Fasilitas yang Ada di Internet ?   



BAB II 
PEMBAHASAN 


A. Pengertian internet 
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. 

B. Manfaat Internet 
       Ada beberapa Manfaat internet misalnya : 
  • Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 
  • Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi. 
  •  Dengan layanan yang ada di internet, kita juga lebih mudah untuk mencari informasi dengan layanan yang tersedia tersebut. 
  •  Dengan layanan tersebut, layanan yang ada di internet juga sudah dikelompokkan sesuai tujuan dan fungsinya. 
  • Selain itu, berbagai manfaatnya seperti : untuk bisnis, komunikasi, informasi, transaksi, hiburan, pendidikan, dan lainnya. 

      Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 
(1) Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 
(2) Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi. 
      Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia. 

C. Layanan Internet 
     Sekarang ini kita banyak menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari apapun di dunia maya, taukah kita selama ini apa saja manfaat dan layanan apa saja yang diberikan. 
1. Layanan yang ada di internet seperti, 
- www (world wide web) sebagai protokol yang tersedia di internet 
- FTP (file transfer protocol) untuk mentransef data dari suatu tempat ke tempat lain 
- E-mail (electronic mail) untuk mengirim surat 
- IRC (inter relay chat) untuk chatting 
- instant messaging 
- usernet 
- telnet (remote login) 
- berita reguler 
- mailing list sebagai pengembangan dari email untuk berdiskusi 
- teleconference untuk berbincang-bincang secara kompleks 
- internet telephony untuk berkomunikasi dengan menggunakan pesawat telepon 
- internet faxuntuk mengirim faximili 

2. Layanan internet berdasarkan content : 
• .com = commercial, artinya situs tersebut bersifat komersial yaitu dapat digunakan diseluruh dunia. Contohnya : http://www.yahoo.com 
• .org = organization, artinya situs tersebut berupa suatu organisasi atau kelompok. Contoh : http://www.coucoucircus.org 
• .sch = school, artinya situs ini untuk sekolah. 
• .ac = academic, artinya situs ini untuk akademik. 
• .gov = government, artinya pemerintah berarti situs ini pemerintahan. Contohnya : http://www.lipi.go.id 
• .mil = military, artinya militer berarti situs khusus untuk militer 

3. Beberapa contoh layanan internet : 
  • - http://www.yahoo.com : situs untuk membuat email, mencari informasi dan berita serta hal lainnya hanya saja hampir mirip dengan google tetapi sepertinya lebih lengkap. 
  • - http://www.google.com : situs untuk mencari suatu informasi dan berita seperti layaknya yahoo dan ada pula gmail sekarang. 
  • - http://www.4shared.com : situs untuk mendownload lagu serta berbagi lagu atau video atau apapun untuk berbagi dan mendownload. 
  • - http://www.wordpress.com : situs untuk membuat blog sendiri. 
  • - http://www.wikipedia.org : situs pendidikan, kita juga dapat mendaftar di sana dan membuat artikel yang akan disebarkan. 
  • - http://www.youtube.com : situs untuk menonton video dari internet. 
  • - http://www.last.fm : situs untuk mendengarkan lagu lewat internet. 
  • - http://www.snipshot.com : situs untuk mengatur sebuah foto atau gambar lewat internet jika tanpa photoshop. 


D. Fasilitas/Layanan Pada Internet 
1. BROWSING/SURFING : Sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator. Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : www.detik.com, www.rotten. com, www.invir.com, www.puspendik.com, www.plasa.com, www.geocities.com, www.yahoo.com 

2. EMAIL (Electronic Mail) : sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut. Yahoo.com, plasa.com, telkom.net, doramail.com, dll. 

 3. MAILING LIST sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembang an dari email yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dll. Setiap email yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota shg mendapatkan informasi. Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com 

4. INTER RELAY CHAT (CHATTING) Adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting. 

5. NEWSGROUP adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps.

6. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP) adalah fasilitas untuk mengi rim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll. 

7. TELECONFERENCE adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, sehingga seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP. Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau perte-muan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung. 

8. INTERNET TELEPHONY yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll. 

9. INTERNET FAX 
Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak. 


BAB 
III PENUTUP 
A. Kesimpulan 
Sejalan dengan meningkatnya peranan informasi dalam bisnis maupun teknologi, akses terhadap sumber dan jaringan informasi menjadi semakin penting bagi para profesional. Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini. 

 B. Saran 
Gunakan dan manfaatkan layanan internet dengan baik dan benar, jangan selalu bergantung pada hal negative yang di berikan internet ,internet merupakan sumber informasi yang bias di bilang tidak ada batasnya. Jadi gunakan layanan tersebut pada jalan positif. Insya ALLAH akan sangat berguna. Selalu ingat waktu pada saat menggunakan internet, karena salah satu yang penting adalah istirahat anda, Terima kasih.

referensi :

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 3:04 pm
Kategori:

0 Komentar Menarik:

Post a Comment

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.