Tujuan Pendidikan

Secara Umum, tujuan pendidikan ialah perubahan- perubahan yang diharapkan terjadi pada subjek didik setelah mengalami proses pendidikan. perubahan tingkah laku perubahan pribadi individu perubahan kehidupan sosial perubahan kehidupan masyarakat dan perubahan alam sekitarnya. 

Tujuan Pendidikan Nasional dalam UUD 1945 (versi Amandemen):

(1) Pasal 31, ayat 3 menyebutkan, “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.” (2) Pasal 31, ayat 5 menyebutkan, “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.”

Tujuan Pendidikan Nasional dalam UU Sisdiknas:
Jabaran UUD 1945 tentang pendidikan dituangkan dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Tujuan Pendidikan Menurut UNESCO:
Dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa, tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan. Berangkat dari pemikiran itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui lembaga UNESCO (United Nations, Educational, Scientific and Cultural Organization) mencanangkan empat pilar pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa depan, yakni: (1) learning to Know, (2) learning to do (3) learning to be, dan (4) learning to live together. Dimana keempat pilar pendidikan tersebut menggabungkan tujuan-tujuan IQ, EQ dan SQ.

Sedangkan Tujuan dari Pendidikan di Indonesia yaitu :
  •  Dalam UU. No. 2 thn 1985, tujuan pendidikan yaitu mencerdaskn kehidupn bangsa dan mngembangkan manusia yg seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kpd Tuhan Yang maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kpribadian yg mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatn dan bangsa.
  • Menurut SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 104/Bhg.O tgl 1 Maret 1946, rumusan tujuan pendidikan adalah untuk menanamkan jiwa patriotisme.
  • Menurut ketetapan MPRS No. IV/MPRS/1973 tntang GBHN, tujuan pendidikan Nasional sebagai berikut: pembangunan dibidang pendidikan didasarkan atas falsafah negara Pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangunan yang berpancasila dan untuk membentuk manusia yang sehat jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia.
  • Menurut TAP MPR No. II/MPR/1993 yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap TuhanYang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, beretos kerja profesional serta sehat jasmani dan rohani.
  • Menurut UU Sisdiknas pasal 3 Thn 2003. pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  1. 1. Rumusan tujuan pendidikan menurut UU No. 4 thn 1950, tercantum dlm bab II pasal yg berbunyi “Tujuan pendidikan dan pengajaran membentuk manusia susila yg cakap dan warga negara yg demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air”.
  2.  2. Rumusan tujuan pendidikan menurut ketetapan MPR No. 11 thn 1960 yg berbunyi tujuan pendidikan ialah mendidik anak ke arah terbentuknya manusia yg berjiwa pancasila dan bertanggung jawab atas terselenggaranya masyarakat sosialis Indonesia yg adil dan makmur material dan spiritual.
  3. 3.Rumusan tujuan pendidikan menurut SISDIKNAS pancasila dgn penetapan presiden No.19 thn 1965 yg berbunyi tujuan pendidikan nasional kita, baik yg diselenggarkan oleh pemerintah maupun swasta, dari pendidikan prasekolah sampai perguruan tinggi, supaya melahirkan warga negara sosialis Indonesia, adil dan makmur baik spiritual maupun yang berjiwa pancasila.
  4. 4.Rumusan tujuan pendidikan menurut ketetapan MPRS No. 2 Thn 1960 yg berbunyi tujuan pendidikan ialah membentuk manusia pancasilais sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yg dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945 
 Jenis Tujuan Pendidikan
1. Tujuan pendidikan nasional adalah manusia yang berjiwa pancasila.
2. Tujuan Kurikuler, mencakup
3 ranah pendidikan (kognitif, afektif, dan psikomotorik).
3. Tujuan Institusional ialah tujuan tiap lembaga pendidikan.
4. Tujuan Instruksional,tujuan pokok bahasan atau sub pokok bahasan. 

Fungsi tujuan pendidikan adalah memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan.
Menurut ahmad D. Marimba, fungsi tujuan yaitu:
1) Mengakhiri usaha.
2) Mengarahkan usaha.
3) Titik tolak untk mncapai tujuan-tujuan lain.
4) Memberi nilai pada usaha-usaha tersebut.

Semoga Bermanfaat

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 3:59 pm
Kategori:

0 Komentar Menarik:

Post a Comment

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.