Skema Siap Pakai, Salah satu alternatif untuk mencapai tujuan pendidikan

        Tujuan pendidikan dalam UU no 20 tahun 2003 yaitu :
"Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab." 
       Untuk mencapai tujuan pendidikan di Indonesia sesuai dengan UU Sisdiknas No 20 tahun 2003 tidaklah segampang membalikan telapak tangan. Dengan artian untuk mencapai cita - cita dan tujuan pendidikan yang diharapkan oleh bangsa Indonesia, terdapat banyak hambatan - hambatan, khususnya mengenai kesadaran dair masyrakat Indonesia sendiri, yang cenderung kurang memperhatikan kualitas dari pendidikannya. Tujuan pendidikan sebenarnya adalah untuk mendidik peserta didik menjadi tenaga yang siap pakai.
         Lalu, bagaimana cara kita supaya tujuan pendidikan di negeri ini sedikit demi sedikit dapat tercapai. Salah satu alternatif nya adalah dengan menerapkan skema siap pakai dalam pembelajaran. Apa sih siap pakai itu? Siap pakai adalah suatu tahapan pencapaian pengertian, kemampuan dan kemauan yang tinggi untuk menyelesaikan tugas yang telah diamanahkan. Melalui skema siap pakai ini, diharapkan para siswa dapat menjadi pelajar yang aktif dan siap dalam menghadapi tantangan jaman.


        Siap Pakai meliputi siap pakai keterampilan dan siap pakai mental. Siap pakai ketrampilan menentukan 15% dalam keberhasilan kita, sedangkan siap pakai mental menentukan 85% dalam keberhasilan kita. Pendidikan di negara kita hanya mengajarkan siap pakai ketrampilan dan tidak mengajarkan siap pakai mental sehingga tingkat siap pakainya diragukan. Sedangkan kurikulum pendidikan di Indonesia sendiri masih menerapkan warisan leluhur dari peninggalan Belanda yang kebanyakan hanya teori-teori saja. Contoh dari skema siap pakai ini bisa kita dapatkan dengan cara menerapkan
      Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah kita terapkan skema siap pakai ini salam pembelajaran sehari - hari. Khususnya untuk para pendidik yang menginginkan perubahan bagi siswanya demi mencapai tujuan pendidikan bangsa ini.

referensi : edipsw

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 2:05 pm
Kategori:

0 Komentar Menarik:

Post a Comment

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.