Contoh Proposal Seni Tari

Untuk  lebih jelas tentang Contoh Proposal Seni Tari, silahkan baca dulu sobat,,

1.1  Latar Belakang Masalah
(kesenian adalah segala sesuatu yang menghasilkan pengalaman batin dan disajikan secara indah, sehingga dapat menarik dan menimbulkan pengalaman batin bagi penikmatnya. Untuk mengenalkan seni sebagai akar budaya bangsa dalam pendidikan formal, siswa perlu diperkenalkan dengan berbagai macam, yaitu seni rupa, seni music, seni tari dan seni drama. Dari kehidupan inilah diangkat sebuah karya berisi keceriaan sepasang remaja dalam kehidupan yang diangkat dari akar budaya daerah yaitu tari pergaulan “ketuk tilu” yang diolah dengan kreasi kontemporer)
Tari merupakan bentuk dari sebuah kesenian budaya yang harus dilestarikan dan diperkenalkan sejak dini. Tari sendiri memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Tari juga berfungsi untuk keperluan upacara, pertujukan atau ritual tertentu. Menari sendiri adalah dorongan jiwa manusia sejak anak-anak dalam mengekspresikan diri manakala mendengar atau merasakan suatu irama tertentu baik yang datang dari dalam maupun dari luar dirinya (Heny Rohayani, 2006: 5).
Naluri alamaiah anak di usia dini sangat baik untuk belajar dan mengekspresikan dalam wujud tindakan yang seharusnya mendapat perhatian namun sebagian masyarakat cenderung mengabaikannya. Dewasa ini lebih mengarah pada kesenian yang datang dari barat. Anak–anak sebagai generasi penerus dalam berkesenian cenderung tidak kenal dengan kesenian tradisi. Mereka lebih suka tarian yang berjingkrak-jingkrak dengan iringan musik lagu-lagu barat. Dengan busana yang seronok tidak sesuai dengan etika ketimuran. Jika ada sajian tari tradisi mereka memalingkan muka dan pergi meninggalkan area pertunjukan. Hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman mereka akan kesenian tradisi bangsanya. Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut, maka dorongan minat serta bakat menari pada anak harus dibina dan dipelihara sejak dini.
USUM Dance ini adalah sebuah tarian yang memadukan tarian tradisional dengan tarian modern. USUM merupakan singkatan dari URANG SUNDA MODERN. Asal mulanya tari ini merupakan tari pergaulan remaja yang ingin menciptakan sebuah tarian modern dengan sentuhan tarian tradisional yang menarik dengan gerakan yang tidak rumit.

1.2    Permasalahan
Permasalahan atau tantangan yang dihadapi dalam menyampaikan materi tentang seni adalah sebagai berikut :

•    Masih sedikit yang mengerti tentang seni tari.
•    Kurangnya masyarakat yang berminat dalam dunia seni tari
•    Seberapa besar cinta generasi muda terhadap budaya bangsa khususnya seni tari
•    Bagaimana melatih masyarakat berolah seni dengan kreatifitas seni yang tinggi
•    Semakin tenggelamnya budaya tradisional karena terkalahkan oleh budaya asing
•    Pengaruh globalisasi yang semakin meningkat
•    Remaja saat ini lebih Pede untuk memakai produk asing dari luar negeri,
•    Bagaimana cara menginformasikan USUM Dance agar bisa menjangkau masyarakat khususnya anak-anak remaja yang ada di daerah Garut pada khususnya.
1.3    Tujuan
Tujuan kegiatan ini adalah :
1.    Menanamkan budaya tradisional yang memiliki nilai tinggi
2.    Mengembangkan kreatifitas siswa
3.    Diharapkan agar masyarakat, khususnya anak-anak remaja agar dapat memperoleh informasi mengenai  USUM Dance melalui media informasi yang mudah di peroleh.
4.    Menciptakan tarian yang up to date/ tidak monoton/tidak ketinggalan jaman, meskipun merupakan termasuk tarian tradisional.
5.    Menggabungkan unsure tradisional dengan modern

1.4    Manfaat
    Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sbb :
1.    Siswa didik dapat mengmbangkan kreatifitas seni
2.    Siswa didik mengenal seni budaya tradisional
3.    Manfaat bagi masyarakat yaitu dapat mendidik masyarakat untuk menyadari pentingnya mewarisi nilai-nilai keindahan seni generasi terdahukunya serta mengenal karya-karya seni tradisi daerah sendiri dan seni tradisi daerah lain.

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 10:04 pm
Kategori:

1 Komentar Menarik:

  1. makasih banyak sob,.,,,,
    comen balik yau,,,
    :)
    http://jagoanbelajarprimamedica.blogspot.com/

    ReplyDelete

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.