PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


         A.    Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi



Informasi merupakan kumpulan data yang saling terkait dan telah diproses secara kompleks. Dengan kata l;ain, informasi merupakan hasil dari sebuah data yang telah diproses.
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi berupa pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Komunikasi ada dua jenis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi menggunakan kata – kata, baik berupa lisan maupun tulisan. Komunikasi nonverbal merupakan pengganti ataupun pendukung dari komunikasi verbal.
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan istilah dari bahasa Inggris, yaitu ICT (Informastion and Communication Technnology). Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi data dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian atau pengiriman informasi dari pengirim ke penerima. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan segala bentuk kegiatan yang terkair denga proses manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi dari pengirim ke penerima.

        B.     Perkembangan Peralatan Teknologi Informasi
1.      Surat Kabar
Surat kabar merupakan bentuk media informasi yang berisi kabar atau berita yang ditulis dalam bentuk cetakan di atas kertas. Surat kabar pertama kali dibuat di Amerika Serikat dengan nama “Public Occurenses Both Foreign and Domestick” pada tahun 1690. Surat kabar tersebut diusahakan oleh seorang berkebangsaan Inggris yang bernama Benjamin Harris.
Surat kabar masuk ke Indonesia ditandai dengan lahirnya koran berbahasa Belanda “Batavia Nouvelles” pada 7 Agustus 1744. Gubernur Jendral Van Imhoff adalah orang yang memprakarsai penerbitan koran tersebut. Lalu, perkebangan jkoran di Indonesia dipicu lahirnya surat kabar bernama “Brotomartini” di Surakarta. Surat kabar tersebut kemudian menjadi cikal bakal industry Koran nasional, yaitu “Medan Priyayi” yang didirikan oleh RM Tirtohadisoerjo tahun 1907 di Bandung.

            2.      Radio
Radio merupakan alat teknologi infromasi yang memanfaatkan teknologi pengiriman dan penerimaan sinyal suara dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Radio digunakan pertama kali oleh pihak maritime untu kmengirimkan pesan telehraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Radio juga digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut beberapa Negara yang terlibat pada Perang Dunia II.
Siaran radio mulai dilakukan pada 1920-an. Dengan populernya pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Sekarang ini radio banyak bentuknya. Radio termasuk teknologi informasi jaringan tanpa kabel, komunikasi bergerak, dan juga penyiaran radio.
           3.      Televisi
Televise adalah sitem telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal – sinyal elektronik melalui kabel, serat optic, maupun gelombang elektromagnetik. Kata televisij berasal dari kata tele dan vision. Tele artinya jauh dan vision artinya tampak. Jadi arti televise secara bahasa adalah tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.
Awal perkembangan televisi dimulai dari televisi mekanik, televisi elektronik, televisi berwarna, televisi digital, televisi kabel dan televisi satelit.

         C.    Perkembangan Peralatan Teknologi Komunikasi
1.      Telepon
Kata telepon berasal dari tele yang artinya jauh dan phone yang berarti suara. Telepon adalah alat komunkasi jarak jauh yang dapat mengirimkan suara melalui sinyal listrik. Telepon merupakan sebuah perangkat yang terdiri atas enam bagian utama, yaitu gagang, dialing circuit (DTMF tone or Rotary), bel, mikropon, speaker dan kabel penghubung gagang dengan badang utama. Orang yang pertama kali menemukan alat komunikasi ini adalah Alexander Graham Bell pada tahun 1876. 

2.      Faksimili (Mesin Faks)
Faksimili merupakan mesin yang mengerjakan proses pemindahan terhadap sebuah halaman hasil cetakan dan mengubahnya menjadi sinyal yang ditransmisikan melalui sebuah saluran telepon menuju ke sebuah mesin penerima faks. Jadi, faks ini merupakan alat sejenis pesawat telepon yang memiliki fasilitas pengiriman tulisan atau gambar kepada pengguna mesin penerima faks yang lain. 

3.      Telepon Seluler (Celluler Telephone)
Telepon Seluler atau HP atau Ponsel merupakan alat komunikasi yang sangat efektif dan mudah dibawa kemana – mana. Cara kerja ponsel ini adalah ketika menekan suatu rangkaian nomor telepon, telepon seluler akan mengeluarkan frekuensi yang sama denga rangkaian nomor telepon tersebut. Frekuensi itu akan dimodulasi oleh telepon seluler untuk dikirim ke menara telepon seluler (BTS). Dari BTS, sinyal frekuensi diteruskan ke operator satelit. Kemudian, sinyal dari operator satelit diteruskan ke satelit. Oleh satelit frekuensi diteruskan ke telepon seluler yanf memiliki frekuensi tersebut.

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 8:35 pm
Kategori:

9 Komentar Menarik:

  1. Nah, jadi tambah wawasan kite nih ttg TIK.

    Gilee.. histats pengunjungnya neng Aii...

    ReplyDelete
  2. hehhe, kan tujuannya juga pengen sharing ilmu .. :)

    alhamdulillah yah,,

    ReplyDelete
  3. mampir sobat.. salam kenal.
    ijin save artikelnya.. thx

    ReplyDelete
  4. mampir sobat.. salam kenal.
    ijin save artikelnya.. thx

    ReplyDelete
  5. @tabuhgong : ia, silahkan, jika itu bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. oh gitu tuh baru tau ane ternyata Surat Kabar masuk ke indonesia pertama kalinya dari belanda toh
    Thx for sharing sob

    ReplyDelete
  7. disimak dulu ah...
    artikelnya bagus dan keren.

    ReplyDelete
  8. Keren Templatenya, datang dari KBW...

    ReplyDelete
  9. @yousake NKRI : silahkan, semoga bermanfaat sobat .. :)
    @otomotif qita : hhe,, makasih makasih ... :D

    ReplyDelete

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.