Koperasi Indonesia Punya Logo Baru !!

hallo orang - orang Indonesia, hayoo siapa yang tak tahu tentang Koperasi Indonesia ?? (#masa bangsa sendiri ga tahu ,,xixixi). Ya udah kalo ga tahu, saya kasih tahu sebelumnya ..

Menurut Undang-undang Nomor 12 tahun 1967 tentang pokok-pokok perkoperasian,

”Koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan”(pasal 3 UU No.12/1967)"
       Koperasi merupakan kumpulan orang dan bukan kumpulan modal. Koperasi harus betul-betul mengabdi kepada kepentingan perikemanusiaan semata-mata dan bukan kepada kebendaan. Kerjasama dalam koperasi didasarkan pada rasa persamaan derajat, dan kesadaran para anggotanya. Koperasi merupakan wadah demokrasi ekonomi dan sosial. Koperasi adalah milik bersama para anggota, pengurus maupun pengelola. Usaha tersebut diatur sesuai dengan keinginan para anggota melalui musyawarah rapat anggota.
Koperasi sebagai badan usaha dapat melakukan kegiatan usahanya sendiri dan dapat juga kerja sama dengan badan usaha lain, seperti perusahaan swasta maupun perusahaan negara.

Nah, udah tahu kan apa itu koperasi Indonesia ??
dan sekarang saya akan akan share mengenai logo baru Koperasi Indonesia. Lah, ko dirubah toh?? apa logo yang dulu kurang bagus ?? atau sudah tidak cocok lagi dengan perkembangan zaman ?? jawabannya bisa anda simak di bawah ini ..
      Perubahan lambang/logo Koperasi Indonesia itu didasarkan pada Surat Keputusan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nomor SKEP/14/Dekopin-A/III/2012 tanggal 30 Maret 2012 tentang Perubahan Lambang/logo Koperasi Indonesia.
       Menteri Koperasi dan UKM kemudian menerbitkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 02/Per/M.KUKM/IV/2012 tanggal 17 April 2012 tentang Penggunaan Lambang Koperasi Indonesia.
nah, ini dia logo baru Koperasi Indonesia ..
 Adapun arti - arti atau simbol - simbol dari logo di atas bisa kalian baca di bawah ini

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ( Permen KUKM ) NOMOR : 02/Per/M.KUKM/IV/2012 tentang Penggunaan Lambang Koperasi Indonesia , maka sejak ditetapkannya permen tersebut, yakni 17 April 2012 maka para koperasi mulai menggunakan lambang yang baru.
  1. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar bunga yang memberi kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia, mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi;
  2. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud Koperasi Indonesia:
    • Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi;
    • Sebagai dasar perekonomian masional yang bersifat kerakyatan;
    • Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian,keadilan dan demokrasi;
    • Selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global.
  3. Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk Teks Koperasi Indonesia memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan jaman yang bercermin pada perekonomian yang bersemangat tinggi, teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik didalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dan para anggotanya;
  4. Lambang Koperasi Indonesia yang berwarna Pastel memberi kesan kalem sekaligus berwibawa, selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya;
  5. Lambang Koperasi Indonesia dapat digunakan pada papan nama kantor, pataka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administratif oleh Gerakan Koperasi di Seluruh Indonesia;
  6. Lambang Koperasi Indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat :
    • Tulisan : Koperasi Indonesia yang merupakan identitas lambang;
    • Gambar : 4 (empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya, menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia;
    • Tata Warna:
      1. Warna hijau muda dengan kode warna C:10,M:3,Y:22,K:9;
      2. Warna hijau tua dengan kode warna C:20,M:0,Y:30,K:25;
      3. Warna merah tua dengan kode warna C:5,M:56,Y:76,K:21;
  • Perbandingan skala 1 : 20.
inilah perbandingan antara logo koperasi Indonesia yang baru dengan yang lama,,

wah, padahal sayang ya (kalo menurut saya), kalo masalah logonya saya lebih pilih ke logo lama. Kalian tau kenapa? karena simbol - simbol yang terdapat di logo koperasi yang lama menurut saya cukup jelas dan tegas dan juga berwibawa, jika dibandingkan dengan logo yang sekarang ini. Tapi, ya sudahlah, mungkin itu memang pilihan yang terbaik dan mudah - mudahan dengan bergantinya logo koperasi Indonesia ini dapat  meningkatkan kesadaran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia ,,
Sekarang, bagaimana menurut pendapat kalian semua tentang ini ??!! silahkan isi komentarnya di bawah ini ..

referensi tambahan : http://tunas63.wordpress.com/2012/10/26/logo-baru-koperasi-indonesia/

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 9:10 pm
Kategori:

4 Komentar Menarik:

  1. Menurutku juga lebih cocok Logo lama

    ReplyDelete
  2. Logo lama lebih bermakna dibanding dengan logo baru

    ReplyDelete
  3. wah bagus nih artikelnya, ditunggu artikel barunya ... ^_^

    #comment back ya hihiihihih :)

    ReplyDelete
  4. logo baru memang lebih simple dan penuh makna, logo lama terlalu ribet dengan gambaran keseluruhan fungsi dan tanggung jawab koperasi tapi jaman sekarang logo sudah simple aja spt logo pertamina, telkom dll..

    ReplyDelete

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.