Motif Batik Berdasarkan Penggolongannya


Batik| Siapa sih yang ga kenal batik ??! orang Indonesia pada khususnya, pasti sudah mengenal ciri khas negara kita ini. Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia  yang hampir akan di klaim (bahkan mungkin sudah) oleh negara lain. Nah, semenjak kejadian tersebut, maka batik mulai banyak diminati di hampir semua lapisan masyarakat Indonesia. Ya, bagaimana tidak, sejak beredar kabar bahwa BATIK di klaim oleh negara tetangga kita, masyarakat Indonesia pada saat itu hampir secara spontan menggunakan kain atau pakaian ataupun lainnya yang berbau batik (Syukur Alhamdulillah yah :D) ..Dari mulai saat itu pula, muncul lagi jenis - jenis batik yang baru. Tapi sebenarnya, motif batik yang paling dasar, yang dijadikan acuan dalam pembuatan motif - motif batik baru ini ada 3 macam, yaitu motif batik Geometris, Nongeometris, dan motif batik benda mati. Dimana dari ketiga ini yang paling banyak di kreasikan adalah motif batik Geometris dan Non Geometris. Agar lebih tahu tentang motif - motifnya, silahkan baca sedikit ulasan di bawah ini !


MOTIF BATIK GEOMETRIS
 Motif batik geometris adalah ragam hias yang menggunakan unsure geometris sebagai bentuk dasarnya. Ragam hias  geometris mempunyai bentuk dasar bidang-bidang dalam ilmu ukur, seperti segitiga, segi empat, lingkaran, layang-layang dan banyun lainnya.  Motif hias berfungsi untuk menghiasi suatu bidang. motif hias yang dimaksud terdapat pada bidang kain. Motif hias geometris termasuk pada jenis motif batik tradisional. Motif geometris antara lain; Motif Kawung, motif Tumpal, Motif Lereng, Motif Pilin, Motif Swastika, dan Motif   Ceplokan. 
Contoh motif batik geometris :
 
MOTIF BATIK NON GEOMETRIS
    Motif  non geometris adalah ragam hias yang tidak menggunakan unsur garis dan bidang geometri sebagai bentuk dasarnya. Secara garis besar bentuk motif hias non geometris terdiri atas motif tumbuhan dan motif binatang. Motif Tumbuhan yang terdiri dari : bunga, daun, buketan, pohon hayat dan sebagainya. Selain motif tumbuhan yang termasuk dalam motif non geometris juga ada motif binatang yang terdiri dari : Naga, burung, kupu-kupu, garuda ( sepasang sayap dan ekor), sawat (garuda tanpa ekor), Lar, Sayap satu sisi. Mari kita bahas satu persatu motif geometris di atas.
Contoh motif batik non-geometris :


MOTIF BATIK BENDA MATI
Motif batik benda mati merupakan salah satu motif batik yang menggunakan benda – benda mati di alam sekitar sebagai motifnya. Contoh untuk motif Benda Mati antara lain api, awan, matahari, dan air.
Contoh motif batik benda mati : 



Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 10:01 pm
Kategori:

3 Komentar Menarik:

  1. @azizah --> thanks atas kunjungannya .. :)

    ReplyDelete
  2. bagus sekali artikelnya tentang batik
    makasih infonya

    ReplyDelete

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.