Contoh Script Naskah Cerita


 Lanjutan dari treatment Cinta Tak Semanis Cokelat 
Contoh SCRIPT 

NO SCENE
VISUAL
AUDIO
1
SEBUAH SMA ELIT DI JAKARTA.
LS : ANAK-ANAK BERLALU LALANG DI SEKITAR SEKOLAH
FS : SEORANG ANAK DENGAN SETENGAH BERLARI MASUK KE SEBUAH KELAS.

FX : SUARA LANGKAH KAKI
SFX : SUARA OBROLAN
SFX : SUARA BEL
2
KELAS
LS : ANAK-ANAK SEDANG RIBUT NGOBROL DAN MENDENGARKAN MUSIK
MS : SEORANG ANAK SEDANG BERLARI MENGHAMPIRI TEMAN-TEMANNYA.
GS : SEKELOMPOK ANAK SEDANG BERBINCANG-BINCANG.
(PAN LEFT PAN RIGHT , CROSS FADE)
MS : ESWARD BICARA






2S : NURDIN DAN MANDRA SALING MENYURUH
















BCU : ESWARD MARAH

2S : NURDIN DAN MANDRA MENERTAWAKAN ESWARD

MCU : TIFHANI SEDANG DUDUK DI BANGKUNYA
MS : ESWARD DATANG MENGHAMPIRI TIFHANI
2S : ESWARD BERBINCANG-BINCANG DENGAN TIFHANI











MS : TIFHANI BERDIRI DAN BERANJAK PERGI KELUAR KELAS DIIKUTI OELH ESWARD

SFX : SUARA GADUH
SFX : SUARA ALUNAN MUSIK
ESWARD: “Guys, ajarin gue donk.”
NURDIN: “ajarin apa?? Ajarin cinta??!! Hahahahahaha…”
MANDRA: “orang kaya kamu pengen cinta-cintaan… cinta monyet kali.. uahahaha”

NURDIN: “emang bakalan ada ya cewek yang suka sama elo. Secara gitu Esward kan cowok paling tampan seantero ……. “
ESWARD: “udah cukup deh guys, diem dulu. Gue bukan minta diajarin cinta sama cecunguk-cecunguk krempeng kaya kalian. Gue Cuma minta dari kalian supaya jadi guru gue. Guru private gue buat ngajarin pelajaran sekolah kok. Apa susahnya ..”
NURDIN: “Dra ..! elo aja deh yang ajarin lontong kriting ini. Gue ga bisa, gue masih banyak urusan yang lain. “
ESWARD : “please guys. Gue mohon. Din,, otak elo kan lumayan  mencrang , masa ga bisa jadi guru gue sih. Ayolah kawan.”
NURDIN  : Ekh lo ini. Gue bilang ga bisa. Lo denger ga sih. masih banyak hal lain lagi yang harus gue kerjakan yang jelas-jelas lebih penting daripada ngajari loe. Dra gue masrahin ke elo aja deh.
 MANDRA : “ekh .. manabisa begitu. Kan elo yang jadi sasaran utamanya juga. Lagian gue kan pasti sibuk dengan basket gue. Emangnya lo mau dijadiin bola basketnya ??  hahahahaahah…”
ESWARD : “ya udah deh. Gue emang salah minta bantuan sama kalian berdua ini. “
NURDIN : “emang ada yang nyuruh gitu. Hahahahahaha”
ESWARD : “ya udah makasih deh atas waktunya. Gue nyesel punya temen kaya kalian.”
NURDIN&MANDRA  : “sama-sama, cumi… bye …  hahahahahahaha “

ESWARD : “hai Tif, ganggu ga ??”
TIFANI     : “oh Esward hai. Ga kok santai aja kali.”
ESWARD : “Fha boleh ga aku minta sesuatu ??”
TIFANI     : “maksudnya ?? minta apa ??”
ESWARD: “ini Fha . ehh .. please aku mohon banget !! kamu mau ya jadi guru aku. Pelase Fha, Cuma kamu  satu-satunya orang yang bisa nolong aku. Aku mohon !!”
TIFANI     : “Emang ada apa sih ?? tumben kamu kaya gini. Biasanya kan kamu cuek ama pelajaran yang ada di sekolah  ini.”
ESWARD  : “itu  kan dulu. Sekarang tidak !! sekarang aku mau memperbaiki itu semua. Aku pengen kaya Ira !!?? oops keceplosan !!”
TIFANI  : “apa kamu bilang ?? pengen kaya Ira ? apa ga salah ??”
ESWARD  : “emhh .. bukan kok bukan itu. ( salah tingkah ) aku Cuma .. aku Cuma .. emhh iya aku emang pengen pinter kaya Ira, ya betul .”
TIFANI      : “Oohh .. gitu ya ?!## “

3
LUAR KELAS
2S&MS : ESWARD MEMOHON KEPADA TIFHANI

BCU : TIFHANI BICARA
(PAN LEFT & PAN RIGHT )













(WALK AWAY)
FS : ESWARD PERGI MENINGGALKAN TIFHANI
(DIALOG )
ESWARD   : “ya Fha ya .!! please .. aku mohon kamu mau ajari aku, semua pelajaran yang aku belum ngerti. Please .. Cuma kamu yang terakhir yang bisa ngertiin aku. “
TIFANI    : “emmhhh  … gimana ya ?? tapi mungkin aku ga bisa. Soalnya sekarang ini aku sibuk. Banyak pekerjaan yang harus aku kerjakan di luar. “
ESWARD   : “aduh Fha. Aku mohon. Apa kamu ga kasihan sama aku ??”
TIFHANI pun terdiam sesaat. Akhirnya ia pun bersedia menjadi guru privatenya Esward.
TIFHANI    : “ya udah deh InsyaAllah. Kalau aku bisa itu juga. “
ESWARD    : “nah gitu donk,, itu baru namanya setia kawan. Iya kan ??”
TIFHANI     : “ya udah entar aku pikir-pikir lagi deh”
ESWARD   : “makasih ya sebelumnya. Kalau gitu aku pergi dulu ya. Oh ya masalah waktunya terserah kamu aja . kapan kamu bisanya. Yang penting kamu bisa mengajari aku. Ok ?!!”
4
PERPUSTAKAAN
LS : TIFHANI DENGAN SABAR MENGAJARI ESWARD PELAJARAN. BCU : PERASAAN TIFHANI  MULAI BERUBAH KEPADA ESWARD. IA LEBIH SENANG JIKA DENGAN ESWARD.
1S : IRA  MENGHAMPIRI ESWARD DAN TIFHANI

3S : IRA BERGABUNG SEBENTAR DENGAN TIFHANI DAN ESWARD
BCU : TIFHANI HERAN









2S : TIFHANI DAN ESWARD MELANJUTKAN BELAJARNYA.
Narr : Lagu Acha “Berdua Lebih Baik”





IRA : “Hai Esward, Hai Tifhani.
 rajin banget kamu hari ini Ward??
ESWARD : “ hehe ,, iya dong. ..kan ..”
IRA : “ Aku harap semoga aja seterusnya kamu rajin seperti ini. Dan ga boleh nyerah ya. 
ESWARD :”pastinya dong !!”
IRA :”aku duluan ya…!! Dah Esward dah Tifhani”
ESWARD :”dahh … sampai ketemu nanti ya “
TIFHANI  :” kayanya kamu udah kenal ya ama Ira..?? malah keliatannya udah akrab banget??”
ESWARD :”enggak kok, biasa aja”
TIFHANI :”jangan bohong kamu ??”
ESWARD :”su er !! ya udah deh . mendingan kita lanjutin lagi belajarnya yok !!!”
TIFHANI :”hemmpphh … dasar. Ya udahlah”
 5
KORIDOR
2S : TIFHANI DITRAKTIR MAKAN SIANG OLEH ESWARD.


(WALK AWAY)
FS : TIFHANI DAN ESWARD PERGI KE KANTIN.
(DIALOG)
ESWARD   : “Fha kita makan bareng  yu. Tenang,, masalah biaya biar aku yang tanggung .. hhehe”
TIFHANI  : “beneran nih ??”
ESWARD  : “iya serius ..”
TIFHANI   : “ya udah, nunggu apalagi. Kalau begitu ayo sekarang!!!  kebetulan aku lagi lapar.”

6
KANTIN
2S :  SETELAH SELESAI MAKAN SIANG DI KANTIN, ESWARD MEMBERIKAN COKELAT KEPADA TIFHANI.






(WALK AWAY ) FS : TIFHANI PUN PERGI MENINGGALKAN KANTIN.
(DIALOG)
ESWARD   : “Fha, .”
TIFHANI    : “iya ada apa ??”
ESWARD : “Fha , tolong terima ini ya. Anggap aja ini sebagai salah satu tanda terima kasih aku karena kamu udah mau jadu guru aku. 
TIFHANI  : “hah ?? cokelat?? Makasih ya. Padahal ga usah gini juga kali. Tapi ga apa-apalah. Aku terima dengan senang hati. Oh ya aku pulang dulu ya. Ibuku udah telp. Aku nih.”
ESWARD  :” ya udah duluan aja. Aku masih pengen disini dulu.”
7
JALAN RAYA
LS : TIFHANI SENYAM-SENYUM SENDIRI.
2S : ADA ORANG YANG MENGANGGAPNYA GILA.
SFX : SUARA DERU KENDARAAN
(DIALOG)
TIFHANI :” Esward, ternyata kamu romantis juga ya.“

8
KORIDOR
2S : ESWARD SEDANG NGOBROL BERDUAAN DENGAN IRA
BCU : TIFHANI KAGET

MCU : TIFHANI MENCOBA MENGUPING PEMBICARAAN ESWARD DENGAN IRA
XCU : AIR MATA TIFHANI KELUAR DARI CELAH MATANYA

TIFHANI BERLARI MENINGGALKAN KORIDOR.
(MONOLOG)
TIFHANI: “Esward sedang ngobrol berduaan dengan Ira, gimana bisa??!! Seorang yang paling jenuis di sekolah duduk berduaan dengan Esward. Beda kelas lagi. “(dalam hati)
TIFHANI : “Ya Allah, apa mereka berdua itu ..?? ah ga mungkin- ga mungkin. “
TIFHANI  : Ooh .. ternyata memang benar dugaankku selama ini, Esward memang suka sama Ira. Bahkan lebih dari yang ku kira.
TIFHANI  : “Ya Tuhan mengapa aku selalu mengalami hal ini. “
9
KELAS
FS: ESWARD MENGHAMPIRI TIFHANI.




1S : BERLARI MENINGGALKAN ESWARD KELUAR KELAS
1S : ESWARD KEBINGUNGAN
KS/1S  : NURDIN MENGHAMPIRI ESWARD.
















MS/1S : ESWARD  BERDIRI
2S : MEREKA BERDUA PUN KELUAR KELAS.
SFX : BEL PULANG BERBUNYI,
ESWARD : “Fha !! tunggu .!! pulang bareng yu ..??”
TIFHANI : “Enggak akh. Aku pengen sendiri dulu. Loch emangnya ira kemana ?? kenapa ga sama Ira. ??”
ESWARD :”Ira ..??!! ohh .. katanya tadi dia ada kegiatan ekskul dulu. Jadi aku disuruh pulang aja. “
TIFHANI :”ohh .. (sambil mengangguk ) ya udah, emmhh aku pulang duluan ya. Mamaku udah telp  Aku. Dah Esward … “

NURDIN     : “hi bro. pulang yu. ??!!”
ESWARD   : “Emang ini juga mau pulang kok”
NURDIN : “ iya pulangnya bareng gue. Eh eh bentar deh.  Katanya kamu deket sama si Ira ya ??”
Esward mengangguk.
NURDIN : “Kok bisa.?? Padahal kan dia itu cewek pinter dan ga gampang ditaklukin. “
ESWARD : “Wah  ?? kata siapa ga gampang..?? buktinya gue bisa deketin dia.”
NURDIN : “oh ya setahu gue juga. Si Ira itu pilih-pilih ama cowok.”
ESWARD : “berarti gue beruntung donk. Walaupun gue punya otak dan muka yang pas-pasan kaya gini, tapi tetep aja si Ira mau sama gue.”
NURDIN : “iya. Gue salut deh sama kamu. Biarpun muka kaya dodol kacang gini, tapi ternyata bisa naklukin cewe keren di sekolah ini. Hebat-hebat “
ESWARD : “ya lah. Gue gitu !!
                     yu ah cabut.”
NURDIN     : “ayo …”
10
JALAN RAYA
LS :  TIFHANI BERJALAN PULANG SENDIRI

XCU : TIFHANI  MENGUSAP AIR MATANYA YANG KELUAR PERLAHAN DARI KELOPAK MATANYA.





(WALK AWAY/DOLLY OUT)
LS/ES : TIFHANI BERLARI MENJAUH DARI JALAN ITU.
NARR : MY HEART ( A I)

TIFHANI :  “ya Allah!! Kenapa aku harus selalu seperti ini. Kenapa di saat aku pengen memiliki seseorang, pasti ia sudah dimiliki orang lain. Sampai kapan aku begini?””
TIFHANI : “Tapi bagaimana pun juga aku ga boleh sedih. Buat apa aku menangisi seseorang yang sudah pasti ia sendiri tidak memperhatikanku. Mungkin sekarang aku masih belum tepat memilih orang. Tapi aku janji mulai saat ini,  aku ga akan gampang terpengaruh sama seseorang yang belum pati asal-usulnya.
Mam maafin aku ….!!!!!

Nah, itu dia contoh cerita yang udah saya buat, 
Semoga bermanfaat .. :)

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 10:31 pm
Kategori:

0 Komentar Menarik:

Post a Comment

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.