Perbedaan kamera analog (manual) dan kamera digital


Perbedaan kamera analog (manual)dan kamera digital hanya terletak pada media penyimpanannya, kalau kamera sebelumnya ”menyimpan” data gambar dalam bentuk filem yang harus kamu proses dulu untuk bisa mendapatkan ”foto” nya, sementara kamrea digital menyimpan data gambarnya dalam bentuk data ”digital” yang bisa langsung kamu nikmati sesaat setelah ”dijepret”

Kamera digital belum mampu menangkap semua warna yang dipantulkan oleh matahari namun warna yang dihasilkan lebih kontras. Kamera digital juga kurang sensitif. kamera analog sudah hampir mampu menangkap seluruh warna yang diantulkan oleh matahari dan kamera analog juga cukup sensitive. Kamera analog merekam dengan film negative berwarna , slide flim positif dan hitam putih. Kamera digital merekam dengan pixel (picture element / elemen dasar dari film).

Selain itu, kamera digital menangkap gambar dalam bentuk pixel dimana gambar dibentuk dari ribuan titik, sementara kamera analog menangkap gambar dalam bentuk garis. Sehingga ketika diperbesar, gambar digital akan pecah dalam perbesaran yang cukup besar sementara kamera analog tidak (Sepintas mirip dengan bitmap dan vector yah).

Kamera analog canggih kini dikenal dengan nama DSLR. Menggunakan DSLR dapat dengan mudah mengatur fokus lensa, dimana kamera digital memakai autofokus. Tidak ada kesalahan parallax (begitu orang menyebutnya). DSLR dapat dengan mudah beradaptasi di setiap lingkungan yang berbeda.
Dan yang paling membedakan adalah lensa. Kebanyakan DSLR dapat dipasang di teleskop dan mikroskop (tertentu), sehingga dapat mengambil foto yang mustahil dilakukan kamera non-SLR.

Untuk lebih lengkap ..

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 8:59 am
Kategori:

0 Komentar Menarik:

Post a Comment

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.