Esensi Al-Qur’an


 Esensi al- Quran dalam kehidupan manusia

http://aiirm59.blogspot.com/
Esensi al- Quran yang besar terpendam dalam hidayah, aqidah- aqidah yang benar, bentuk ibadah- ibadah yang sempurna, akhlak- akhlak yang mulia, aturan hukum yang adil. Juga terkandung dalam pengajaran- pengajaran untuk membangun masyarakat yang unggul  dan perundang- undangan negara yang kokoh.  

Kita perlu menyadari bahwa seandainya umat Islam memperbaharui keimanan mereka dengan kandungan esensi kitab yang mulia ini disertai penyegaran kembali dalam menetapi  tanggungjawab dan ketaatan pada perintah- perintah dan pengarahan- pengarahan ketuhanan yang arif dan bijaksana. Niscaya mereka akan menemukan apa yang mereka butuhkan dalam kehidupan dengan nuansa jiwa yang suci, kuatnya sistem politik, administrasi dan pertahanan militer.
http://aiirm59.blogspot.com/. Juga kekayaan dan peradaban serta nikmat yang tak terhitung dan tak terbatas. Allah swt berfirman;
 
ولو أنَّ أهل القرى ءامنوا و اتقوا لفتحنا عليهم بركت من السّماء و الأرض ولكنْ كذّبوا فأخذنهمْ بما كانوا يكسبون [الأعراف: 96]

“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat- ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.”

Apabila umat Islam mengharapkan kebaikan, perdamaian dan kemuliaan ada pada diri dan masyarakat mereka, maka umat Islam musti mengikuti petunjuk nabi mereka Muhammad saw dan para sahabatnya r.a. dalam menjaga al- Quran, memahami dan mengamalkan tiap ajaran yang ada di dalamnya.
http://aiirm59.blogspot.com/. Karena akhir kehidupan umat islam tidak akan pernah bisa menjadi lebih baik kecuali dengan menerapkan apa yang telah membuat umat Islam berjaya dan bercahaya di awal masanya.

- Pengaruh al- Quran terhadap alam
Al Quran telah diketahui dan dikenal sebagai sesuatu yang menyerupai sihir dalam memberikan pengaruhnya terhadap ruh dan hati. Dalam perjalanan sejarah, telah menjadi ketetapan yang kukuh bahwa pengaruh ini bergerak dan berpusat pada ruh umat Islam yang beriman secara khusus dan pada ruh kaum musyrik pada umumnya. Dan sekarang, setelah berjalannya bulan demi bulan, tahun demi tahun, abad demi abad secara berturut- turut kemulian al- Quran tidak pernah pudar menghilang. Tidak pula hilang pengaruhnya. Sebaliknya, semakin bertambah kuat pengaruhnya, bertambah pula kekuatan kehujjahannya sebagai bukti yang tak terbantahkan.

Maka jutaan umat Islam mencetak hukum- hukum al- Quran, mentaati perintah- perintahnya dalam bentuk implementasi  tanpa adanya unsur pemaksaan sedikit pun. Jutaan lisan membacanya pada pagi dan malam hari. Syiar- syiar alam mengukuhkan ayat-ayat al- Quran dari sisi awal bumi terjauh hingga batas bumi paling akhir. Percetakan- percetakan memberikan ribuan cetakan ke seluruh penjuru alam setiap harinya.
Di setiap tahun, kita dapat menemukan ayat- ayat al- Quran menerangi tiap jengkal tanah di muka bumi. Menyiarkan Islam pada seluruh manusia yang bukan merupakan umat Islam sebelumnya. http://aiirm59.blogspot.com/. Di samping itu, tiap muslim merasakan kesan parsial yang diikuti pandangan akan sampainya hidayah al- Quran kepada seluruh umat manusia secara global.

          Ayat- ayat al- Quran memberikan pemurnian dan pembebasan alam dari kriminalitas pada masyarakat yang ada dan terjadi saat ini, serta menyelamatkan mereka agar kehidupan mereka agartidak terjatuh pada tendensi kerendahan, kehinaan, hawa nafsu dan berbagai macam pengaruh syahwat.
Titik temu ini tidak diragukan lagi benar- benar dapat mengembalikan umat Islam pada abad- abad kejayaan Islam yang telah berlalu. Maka menggali petunjuk dari ayat- ayat al- Quran, menetapi hukum- hukumnya dan mendalami tiap penjelasan, gaya bahasa dan ajaran yang ada di dalamnya adalah sebuah kebutuhan untuk menebus kejayaaan tersebut.

Eksistensi ayat- ayat al- Quran memungkinkan umat Islam menjadi penyeru kebaikan dan perdamaian yang dapat dipercaya dan sukses. Sebagaimana kesuksesan dan kejujuran yang telah dipetik oleh SalaafusSholihin sebelum mereka. http://aiirm59.blogspot.com/. Dan pada suatu hari, semua impian itu akan menjadi nyata, impian yang merupakan kabar bahagia bagi umat Islam. Dan tentunya dengan pertolongan Allah swt.

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 8:20 pm
Kategori:

0 Komentar Menarik:

Post a Comment

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.