Jembatan Cigambira

        Jembatan Cigambira merupakan jembatan bekas kereta api yang sekarang dijadikan sebagai tempat penyebrangan bagi warga sekitarnya. 
        Jembatan ini terletak di Kecamatan Cisurupan, Garut. Bangunan ini didirikan pada tahun 1828 (wah,,!! berarti jembatan ini dibangun pada masa kolonial ya?? :) ...) jembatan ini mempunyai ketinggian sekitar 20m dan dibangun oleh batu-batuan yang kokoh dengan arsitektur yang cukup kuat.
         Di sekitar jembatan ini kini terdapat kebun-kebun dan pesawahan milik warga sekitar. Di bawah jembatan ini keadaannya cukup teduh. karena di kelilingi oleh pepohonan yang rindang dan juga terdapat sebuah sungai. uihh ... !!! betapa segernya udara di sini,, hhe.
       Tak jauh dari jembatan ini juga terdapat sebuah situ. yang diberi nama Situ Cigambira. Sesuai nama kedua tempat tersebut. yang terletak di Cigambira. 
    Jembatan Cigambira kini di jadikan tempat penyebrangan oleh masyarakat sekitar Cisurupan. setelah beberapa tahun yang lalu di renovasi, karena katanya keadaannya sudah TLP (Tak Layak Pakai). Kayu-kayunya sudah pada rapuh dan terdapat karatan dimana-mana. selain itu, jembatan ini juga suka dijasikan tempat bermain oleh anak-anak dan para remaja yang ingin menghabiskan waktu luangnya dengan memandangi panorama keindahan Gunung Cikuray. Sehingga pada sore hari jembatan ini ramai oleh anak-anak dan remaja. 

Jembatan Cigambira, dengan Lokomotif CC50

Jembatan Cigambira, dengan Lokomotif CC50


Jembatan Cigambira, dengan Lokomotif CC50


Jembatan Cigambira, dengan Lokomotif CC50
nah kawan, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya posting saat ini.
insyaallah jika ada waktu saya tambah lagi ..
hhe:)

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 5:54 pm
Kategori:

0 Komentar Menarik:

Post a Comment

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.