Contoh Proposal Usaha Distro


KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.

Cisurupan, Maret 2012

Tim Penyusun


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan             : D’Maddy Distro
Alamat perusahaan           : Jl. Guntur, No. 56 Garut – Jawa Barat
No. Telp                           : (021)2305707

1.2.  Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik 
:
Irma Sustiani  Sitohang
Alamat pemilik
:
Kp. Sukamaju RT/01 RW/04, Desa. Mekarjaya Cikajang - Garut`
No. Telp

081382312332

1.3.  Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
:
Alamat
:
Kp. Pamoyanan RT/01 RW/05, Desa Cisurupan, Cisurupan - Garut
No. Telp
:
087724982287

1.4.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai aneka pakaian  serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat Garut, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.




BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1.   Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Perumahan Garut indah merupakan perumahan yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, tiga generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan D’maddy yang berdiri di kota Garut, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
D’Maddy Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.



2.2.   Visi dan Misi
Visi      : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto  :” D’maddy Distro : The Satisfied Of Customers Is Number One”
2.3.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Perumahan Komp. Garut Indah karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.
2.4.   Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 10m x 8m.
2.5.   Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
2.6.   Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.

2.7.   Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis D’Maddy distro akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
2.8.   Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.




BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1.   Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan Garut Indah pada saat ini sangat besar.

3.2.   Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

3.3.   Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Distro d’Maddy membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan





BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1.   Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o   Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o   Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
o   Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o   Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o   kualitas produk terjamin
o   sesuai dengan selera masyarakat

4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan D’Maddy Distro terletak di Jl. Guntur, No. 56 Garut – Jawa Barat. Distro ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.


4.3.   Personalia dan Perlengkapan Kantor
­   Pemilik                     :     Irma Sustiani Sitohang
­   Penanggung Jawab            :     Ai Roudotul Munawaroh
­   Sekretaris                 :     Sonya Hutabarat
­   Bendahara               :     Doni Lukman Hakim




­    
BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1.   Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan D’Maddy Distro ini dapat dilihat pada bagan berikut :


5.2.   Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.





BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1.   Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja
> Rp.   89.000,-
2
Kaos
> Rp.   90.000,-
3
Jeans
> Rp. 180.900,-
4
Gaun 
> Rp. 235.800,-
5
Kerudung
> Rp.   69.900,-
6
Rok
> Rp. 109.900,-
7
Jaket
> Rp. 199.900,-
8
Aksesoris
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-

6.2.   Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.  

6.3.   Strategi Promosi yang akan dilakukan  
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
         Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
         Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro



BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI
7.1.   Struktur Organisasi
Struktur organisasinya yaitu :
7.2.   Job Description
¤   Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
¤   Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
¤   Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
¤   Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
¤   Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.

7.3.   Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan distro D’Maddy Distro yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik distro. 




BAB VIII
RISIKO
8.1.   Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1.      Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2.      Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3.      Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4.      Menjual produk yang berkualitas
Weaknes (Kelemahan)
1.      Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2.      Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity (Peluang)
1.      Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2.      Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
Threaty (Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.

8.2.   Gambaran tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya distro-distro maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah ataupun distro yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.



BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN
9.1.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian D’Maddy Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
9.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior

Rp.   20.000.000,-
Kulakan baju grosir

Rp. 600.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal

Rp.     5.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama

Rp.   60.000.000 ,-  +
Jumlah Modal Produksi

Rp. 685.000.000,-

2.      Biaya lain-lain
·         Listrik                                                    Rp. 12.000.000,-
·         Asuransi                                                 Rp. 11.000.000,-
·         Transportasi                                           Rp.   6.500.000,-
·         Administrasi                                          Rp.   4.500.000,-
·         Pajak                                                      Rp.   2.750.000,-
·         Pemeliharaan gedung dan peralatan      Rp.   6.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                            Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                     Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                        Rp.   42.750.000,-    +
Total                                                                  Rp. 667.250.000

9.3.   Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

9.4.   Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
Biaya tetap

1.      Penyusutan gedung dan peralatan
Rp.   7.000.000,-
2.      Gaji pegawai
Rp. 60.000.000,-
Jumlah
Rp. 67.000.000,-


Biaya variable/ produksi

Kulakan baju grosir
Rp. 600.000.000,-
Jumlah
Rp. 600.000.000,-


Biaya-biaya lain

1.   Listrik                                           
2.   Asuransi                                       
3.   Transportasi          
4.   Administrasi
5.   Pajak                    
Rp. 12.000.000,-
Rp. 11.000.000,-
Rp.   6.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
Total Modal produksi
Rp. 36.700.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 703.700.000,-


Pendapatan

Penjualan aneka pakaian dan fashion
Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 960.000.000,-


PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 256.300.000,-









BAB X
APENDIKS
Sebagai pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula
1.      Daftar Harga dari Pemasok Barang
2.      Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
3.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

1.      

contoh TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)

DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
KANTOR DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
KABUPATEN/KOTA TEMANGGUNG
TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
NOMOR : _____________
1.      Nama Perusahaan                                     :  D’MADDY DISTRO
2.      Merek (milik sendiri/lisensi)                     :  D’MADDY
3.      Alamat Kantor Perusahaan                      :  Tegowanuh,Kaloran,Temanggung
4.      Nama Pemilik/ penanggung Jawab          :  Nuryani
5.      Alamat Pemilik/ Penanggung Jawab        :  Tegowanuh,Kaloran,Temanggung
6.      Nomor Pokok wajib pajak (NPWP)         :  1.201.409.8-424
7.      Bidang Usaha ; Barang/ Jasa                   :  Barang
8.      Nilai Investasi Perusahaan Seluruhnya    : Tidak termasuk tanah dan bangunan Tempat usaha
9.      Jenis Kegiatan usaha                                :  Perdagangan
10.  Jenis barang/ jasa dagangan Utama         :  Pakaian
TDUP ini diterbitkan dengan ketentuan :
Pertama
:
Tanda daftar Usaha Perdagangan (TDUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan Usaha Perdagangan.
Kedua
:
pemilik/ Penanggung Jawab wajib menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan setiap tahun sekali.
Ketiga
:
Tidak berlaku untuk kegiatan Perdagangan Berjangka komoditi,    kecuali telah memenuhi ketentuan. Persyaratan yang ditetapkan untuk melakukan kegiatan perdagangan berjangka komiditi ketentuan  perundang-undangan yang berlaku
Dikeluarkan di                        : Garut
Pada Tanggal              : 12 Maret 2012
Ka .  Kandep Perindustrian dan Perdagangan
Tembusan                    :
  1. Menteri Perindustrian dan Perdagangan U.P. sekretaris Jenderal
  2. Inspektur jenderal depperindag
  3. Dirjen Perdagangan dalam Negeri depperindag
  4. Ka. Pusdatin depperindag
  5. Ka. Kanwil depperindag
  6. Pertinggal

Semoga Bermanfaat 
ika Kamu ingin menjadi orang yang dihargai oleh orang lain.  Jangan lupa sertakan sumbernya ya, 

Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 10:15 am
Kategori:

85 Komentar Menarik:

  1. waw,.. keren juga nih,.. tapi bagi pemula utuk kepastian anggaran gimana tuh,. ? mohon shering pengalaman makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf semuanya, admin disini bukan agan, tapi sista .. hha

      Delete
    2. ok sista,, cukup lengkap. nanti klo ada tanya2 boleh ya..? :)

      Delete
  2. Replies
    1. silahkan sist, semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. mantabbbbb Bro,, ijin copas ya :D.

    ReplyDelete
  4. Mntabbbbbb bro :). Ijin copast ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D
      silahkan..
      semoga bermanfaat :)

      Delete
  5. thanks banget.. ijin copas juga

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. urwell ..
      silahkan..
      semoga bermanfaat :)

      Delete
  7. izin untuk menjadi contoh pembuatan proposal saya.. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan .. :)
      semoga bermanfaat

      Delete
  8. izin copas ya? :)

    ReplyDelete
  9. izin copas ya..
    komplit bgt. :D

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. izin copas ya untuk tugas saya :)

    ReplyDelete
  12. mantab... Thank's infonya...
    izin copaz uga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan..
      semoga bermanfaat :)

      Delete
  13. kog pada bab 9.4. Analisis titik Impas (BEP) jadi nyasar k jus buah? apakah jadi selingan usaha bisnis yang d jual d distro jg? mohon kejelasan dan penjelasanny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya saya sengaja memasukannya, dengan harapan siapa saja yang sudah mengcopi-nya akan mengedit ulang dengan teliti ..
      :D

      Delete
  14. izin copas juga ya :) terimakasih

    ReplyDelete
  15. ijin copas ya? :)

    ReplyDelete
  16. mantap Gan n Sista

    ReplyDelete
  17. mantab sekali artikelnya gan... saluttttt

    salam wirausaha
    http://BisnisClothingDistro.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas kunjungannya gan .. :)

      Delete
    2. Ijin copy paste ya gan :D

      Delete
  18. tips dalam mengcopas artikel >> yang pertama kali adalah teliti dahulu sob, biar selamat ,,, hahahaha

    ReplyDelete
  19. sangat lengkap sekali :)
    izin copy paste ya kak. thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, semoga bermanfaat .. :)

      Delete
  20. copas sist thankyou

    ReplyDelete
  21. thanks ya atas informasinya, ijin copas ya

    ReplyDelete
  22. izin copas sista. terima kasih

    ReplyDelete
  23. klo kita buka usaha konveksi utk grosiran, gimana rincian biaya nya,??
    makasih banget sblumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal susun dan analisis antara modal + labanya gan .. :)

      Delete
  24. klo khusus konveksi kaos gimana rincian biaya??

    makasi ya gan, yg ini sudah membantu pemikiran saya.

    ReplyDelete
  25. izin copas yah ..
    untuk melengkapi tugas saya ..

    ReplyDelete
  26. thank's ya saya jadi bisa bikin slide tentang tugas distro power point saya n_n

    ReplyDelete
  27. THANK'S YA SAYA JADI BISA MEMBUAT SLIDE POWER POINT TENTANG USAHA DISTRO n_n

    ReplyDelete
  28. icin copas.... tp sayangnya struktur organisasinya tdk muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya silahkan,,
      nah kalo itu saya kira semua orang bisa membuat struktur oraganisasi-nya mas, karena akan berbeda sesuai dengan rencana sendiri :)

      Delete
  29. makasi, ijin copas gan., :) ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan .. thanks udah mampir :)

      Delete
  30. pinter banget sich sista, makannya apa?? sista copas juga atau asli bikin sendiri nich? izin copas jg yaa...

    ReplyDelete
  31. @doni : ya bikin sendiri lah mas .. :)
    cuma sistematika + tambahanannya dikit liat2 sih
    :)

    ReplyDelete
  32. Blognya bagus nih Sis.:) cek blog ane juga di satriaonblogger.blogspot.com #promosi
    salam blogger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhe, makasih gan ..
      oke cabut ke lapak agan .. :)

      Delete
  33. cocok buat tugas sekolahku sista,,
    ijin copas ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ia,,silahkna,semoga membantu ,, :)

      Delete
  34. Replies
    1. silahkan gan, semoga bermanfaat :D

      Delete
  35. matur nuwun mas..

    ReplyDelete
  36. ijin copas ya... :)

    ReplyDelete
  37. ijin kopas

    HATUR NUHUN !

    ReplyDelete
  38. boleh di share ya gan di fb

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas/mba ..
      jangan lupa sertakan alamat url-nya ,, :)

      Delete
  39. Pada BAB produksi bagannya ga ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hha, ia gan ,, ntar aku reupload lagi gambarnya .. tapi kalo bisa sendiri itu isinya proses produksi yang dijalankan perusahaan anda, bagaimana alurnya .. :D

      Delete
  40. hal terpenting dalam memilih maupun akan menjalankan Business Opportunity,Franchise,atau Waralaba
    bukan semata-mata terletak pada seberapa bagus produk yang akan di jual,serta seberapa besar kebutuhan pasar akan produk tersebut.
    pernahkah terbayangkan tiba-tiba anda harus mengganti merek disaat business sedang berkembang pesat karena adanya tuntutan dari pihak lain atas Merek yang digunakan ?

    Sedangkan untuk mendapatkan konsumen yang loyal,kita harus selalu mengedepankan innovation. namun besarnya biaya untuk menebus sebuah innovation tanpa adanya perlindungan hukum terhadap merek merupakan langkah yang sia-sia,
    coba anda bayangkan berapa banyak waktu,tenaga,fikiran,bahkan uang yang terbuang demi tercapainya innovation sebuah merek.bagaimana rasanya jika merek tersebut di palsukan oleh competitors anda? Kesadaran akan pentingnya mendaftarkan merek dagang merupakan bukti nyata keseriusan anda dalam membangun sebuah business.

    inilah pentingnya fungsi mendaftarkan merek,desain industri,hak cipta,serta paten.

    Konsultasikan merekdagang anda segera pada www.ipindo.com konsultan HKI terdaftar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas masukannya pa,
      dan memang benar, faktor - faktor tersebut juga sangat penting jika kita akan memuli sebuah usaha, khususnya bidang industri . . :D

      Delete
  41. struktur organisasinya itu gimana sis?

    ReplyDelete
  42. ijin copy paste yaa....thanks.lengkap n detail sekali. semoga bisa langsung praktek jadi pengusaha

    ReplyDelete
  43. Ijin Copas :)
    Tapi bagan nya gak ada,.?

    ReplyDelete
  44. keren nih... ijin copas yah...

    ReplyDelete
  45. Keren proposalnya... odalnya itu loh -_-"

    ReplyDelete
  46. ini yg aku cari..
    izin copas ya gann..!!!

    ReplyDelete
  47. ijin copas gan buat tugas sekolah

    ReplyDelete
  48. ijin copas ya sis tugas kuliah :D

    ReplyDelete
  49. ijin copas brow

    ReplyDelete
  50. kalo boleh tau ini proposal langsung di tujukan ke siapa ya?

    ReplyDelete
  51. izin copas ya, sebagai tambahan tugas....
    tapi tolong diperjelas bagan proses produksinya.....

    ReplyDelete
  52. bagaimana kalau luar negeri?tapi kalau saya pengen berusaha resto di luar negeri, bagaimana caranya seperti itu?karena saya punya ide kemampuan usaha mandiri.. apa contohnya surat proposal?nama apa pihak lengkap?tolonglah,jelaskan!

    ReplyDelete
  53. izin copas ya sist,,, tugas kuliah nih,,, makasih...

    ReplyDelete
  54. kebetulan saya dapat tugas proposal nich...boleh copas ya...? :)

    ReplyDelete
  55. Ijin copas ya mas step2nya, mantep bener hehehehehe

    ReplyDelete
  56. Ijin jadiin referensi ya :)

    ReplyDelete

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.