Teknik Dasar Pengambilan Gambar





Ada banyak teknik yang harus kalian ketahui tentang teknik pengambilan gambar atau istilah kerennya “shooting”. Tujuan dari dilakukannya hal ini, adalah untuk memperoleh sumber gambar yang bagus pada saat editing video nantinya.... Kalian ga mau kan, di marahin ma editor kalian kalo hasil gambarnya ga bagus??? Hehehehe.... Just Kid ya,,... J Oke deh, langsung aja kita bahas teknik dasar dalam pengambilan gambar .....
  • Pada saat pengambilan gambar, kalian harus menghindari penggunaan zoom yang berlebihan. Karena, hal ini bisa menyebabkan gambar menjadi blur / tidak fokus (out of focus), terutama pada kamera yang memiliki zoom digital.


 Out of focus
  • Kalian harus selalu bereksplorasi dengan sudut pengambilan gambar, seperti Bird Eye View (atas objek), High Angle (arah atas objek), Low Angle (arah bawah objek), Eye Level (sejajar dengan pandangan objek), dan Frog Eye (bawah objek) . Diharapkan, dengan melakukan hal ini, hasil dari pengambilan gambar akan lebih menarik dan artistik... Ceileh..... Berat banget bahasanya... Hehehe .


  Contoh Bird Eye View
  • Jangan terpaku dengan objek utama saja, masih banyak objek – objek disekitarnya yang bisa kalian perhatikan.
  • Jangan mengambil gambar pada tempat – tempat yang pencahayaannya kurang. Gunakan cahaya tambahan pada kamera kalian untuk menambah pencahayaan.
  • Untuk menghindari guncangan pada saat pengambilan gambar, sebaiknya gunakan tripod. Penggunaan tripod ini juga bisa memperhalus gambar ketika melakukan transisi. Sebelumnya, kalian mengerti ga arti dari transisi? Transisi itu perpindahan dari satu objek ke objek lainnya... Ok...


   Tripod
  • Jangan terlalu sering menggunakan efek – efek yang terdapat pada kamera video. Lebih baik kalian melakukannya pada proses editing saja.
  • Usahakan jangan sampai objek utama terpotong atau tidak masuk ke frame / layar.
  • Jika pengambilan gambar memperlihatkan adegan objek utama sedang berjalan. Usahakan untuk menyisakan ruangan di depan objek utama tersebut. Hal ini dinamakan looking space, yaitu jarak pandang objek utama terhadap batas frame.
  • Seringkali, untuk menghindari noise yang terekam pada saat pengambilan gambar, sebaiknya kalian gunakan microphone external atau microphone omni. Microphone omni adalah sebuah microphone yang bisa mempersempit sudut rekam sehingga yang terekam hanya subjek utama saja.


  Microphone Omni
  • Nah,,, ini yang terakhir, sesuatu yang paling simple dan penting... Persiapkan diri, dan buang jauh – jauh rasa malu kalian. Dan selalu yakin dengan kemampuan yang kalian miliki..... ok.....


Ditulis Oleh : Ai Roudotul // 5:10 pm
Kategori:

0 Komentar Menarik:

Post a Comment

 

Follow dan Join yu .. :D

Aii Roudotul. Powered by Blogger.